Saturday, February 21, 2015

Catatan Orang BUKAN Alay 2

   Gue mencoba untuk meng-share sesuatu yang amat biasa bagi kalian-kalian, tapi luar biasa bagi gue. Ceritanya, gue ini abis dari masa percobaan untuk membuat suatu yang special *ceile. NASI GORENG hahaha. Gue yang emang awam banget tentang dunia masak entah kena senggol jin mana, tiba-tiba pengen mencoba masak nasi goreng. Karena momen untuk mengetahui masakan gue enak apa kaga. Akhirnya gue memutuskan untuk masak nasi goreng di hari sabtu pagi. Gue enggak mau cuma ngeshare cerita n rasanya aja. Gue juga akan meng-share resepnya juga (mencoba jadi Rachel Ray hahaha). Gue menamai masakan gue ini dengan nama => NASI GORENG ALA ALA hahaha *apa coba

Resep Nasi Goreng Ala Ala
Bahan:
Nasi putih (gue pake nasi putih pera dan ukurannya untuk 5 piring)
3 butir telur (dibuat sebagai telur dadar iris tipis2)
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan mentega (gue pake blue band *map nyebut merk)
Kecap manis secukupnya
Kecap asin secukupnya
Sayur-sayuran (kol, wortel, sawi hijau)
5 buah Bakso
½ bawang Bombay (bawang Bombay kan bullet, lu potong aja setengahnya trus di chop2 deh *cincang kasar)

Bumbu:
6 buah cabe rawit Madura
5 buah cabe rawit hijau
3 buah cabe merah
3 siung bawang merah
1 ½ suing bawang putih
Garam secukupnya dan sesuai selera (terserah mau asin atau plain)

Nah ini bahan dan juga bumbu2 yg gue pake untuk Nasi Goreng Ala Ala
Pelengkap:
Mentimun
Tomat
Kerupuk
Bawang goreng (kalo enggak ada yang engga apa2 ya bloggy)

ini untuk pelengkapnya. Gampang, simple n ga pake ala chef2 an

Cara membuat:
1.      Pertama-tama haluskan bumbu2 yang udah gue sebutin diatas. Kaya semua jenis cabe seperti yang disebutkan diatas, bawang merah, bawang putih ke blender. (gue pake blender karena biar praktis aja, kalo lu mau ngulek ya engga papa. Nah, perhatian nih bagi yang menggunakan blender jangan masukkin garamnya karena akan membuat karatan pisau dari si blender tersebut).
2.      Setelah bumbu halus, sisihkan. Lalu ambil wajan masak dengan api sedang, masukkin minyak goreng dan mentega (mentega ini sih gunanya buat gurih aja ya bloggy. Gue kebiasaan pake mentega sih) setelah mentega mencair dan panas, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi lalu masukkan garam. Memasukkan garam jangan banyak2 dulu biar nanti enggak keasinan. Aduk bumbu hingga matang. Terlihat agak kecoklatan *bukan gosong ya.
3.      Lalu masukkan sayuran yang keras (wortel) dan bakso. Aduk2 sampai 5 menit.
4.      Setelah itu masukkan nasi putih. Aduk terus. Pastikan nasi telah bercampur dengan bumbu rata. Aduk nasi goreng sekitar 10 menit, lalu masukkan sayuran (kol dan sawi. Biar sayurannya tidak layu dan masih ada vitaminnya *kata nyokap). Aduk lagi biar rata.
5.      Nah, sebelum dikasih kecap asin dan kecap manis. Pastikan mencoba nasi goreng kamu dulu. Asin atau plain alias engga ada rasa alias hambar. Setelah merasa garamnya udah cukup, masukkan kecap asin terlebih dahulu. Aduk dan ratakan. Kemudian masukkan kecap manisnya. Terus aduk nasi sampai tercampur rata dengan kecap.
6.     Cicipin dulu. Apa ada yang kurang atau kelebihan maksudnya keasinan. Inget ya bloggy, memasak itu harus mencoba atau mencicipi biar tau rasa masakan kita. Berani mencoba.
7.  Setelah 15 menit, angkat. Tata di piring dengan irisan telur, timun dan juga tomat. Jangan lupa kerupuknya ya.

Sekarang, Nasi Goreng Ala Ala siap dilibas dan  siap difoto biar bisa upload di FB ato twitpict di Twitter.  Maaf enggak ada pict untuk step2nya. Ribet ternyata masak sambil foto2. Haha sekian terimakasih. #CatatanOrangBUKANAlay_COBA    

Ini dia Nasi Goreng Ala Ala buatan gue hehe *bangga bener


Selamat mencoba n mari makan bloggy. 




No comments:

Post a Comment